Sunday 6 February 2011

Membuat Template WordPress “Translatable”


Ketika selesai membuat template wordpress dan akan mempublikasikannya, perlu diingat bahwa pengguna template kita bisa berasal dari mana saja, tidak pasti sama dengan bahasa yang kita gunakan. Untuk itu, kita persiapkan agat template wordpress kita translatable.

Agar template kita “dapat diterjemahkan”, kita perlu mempersiapkan segala sesuatunya. Ikuti panduan singkat berikut jika anda bermaksud membuat template wordpress (yang mungkin anda buat dengan Artisteer) dapat diterjemahkan.

hal pertama yang harus kita lakukan adalah membuat direktori languages di direktori tema kita. Kemudian paste baris kode berikut ke file functions.php anda:
// Make theme available for translation
// Translations can be filed in the /languages/ directory
load_theme_textdomain( 'your-theme', TEMPLATEPATH . '/languages' );

$locale = get_locale();
$locale_file = TEMPLATEPATH . “/languages/$locale.php”;
if ( is_readable($locale_file) )
require_once($locale_file);

Pada titik ini, tema wordpress anda sudah siap untuk diterjemahkan. Sebenarnya, anda mungkin sudah menebaknya, ini bukanlah satu-satunya yang dilakukan untuk membuat tema anda tersedia dalam bahasa X lain.

Aku tidak akan menjelaskan cara menerjemahkan tema WordPress disini, jadi jika anda masih penasaran dengan topik ini silakan lihat dua artikel berikut yang sangat berguna:

http://codex.wordpress.org/I18n_for_WordPress_Developers

http://wp-fun.co.uk/2009/01/13/premium-themes-are-translatable-themes/#axzz49kb69LQc

No comments:

Post a Comment